Mitos vs Fakta Seputar Perencanaan Keuangan, Mana yang Benar?

Halaman situs Julo
Halaman utama website pinjam dana online (Julo)

Bazaman.com - Memahami konsep uang bekerja, tentu tidak lepas dari sebuah perencanaan keuangan yang matang. Perencanaan keuangan merupakan aspek penting dalam mencapai tujuan hidup dan masa depan yang lebih aman dan stabil.

Namun, banyak mitos dan kekeliruan yang beredar seputar tema ini, yang sejatinya dapat menghambat upaya kamu untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Berikut beberapa mitos dan fakta seputar perencanaan keuangan untuk meluruskan kesalahpahaman:

Mitos dan Fakta Seputar Perencanaan Keuangan

Berikut beberapa mitos dan fakta seputar perencanaan keuangan untuk meluruskan kesalahpahaman:

Memulai Perencanaan Keuangan Itu Makan Waktu

Faktanya, memulai perencanaan keuangan tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu sebenarnya bisa memulai dengan langkah-langkah sederhana, seperti membuat anggaran, melacak pengeluaran, dan menabung secara rutin.

Pun, ada banyak sumber daya online dan offline yang tersedia untuk membantu kamu untuk mengetahui lebih detail tentang ini. Jadi, kamu nggak perlu menghabiskan banyak waktu.

Perencanaan Keuangan Hanya untuk Orang Kaya

Faktanya, perencanaan keuangan penting bagi semua orang, apapun kedudukan strata ekonominya. Di satu sisi, memang ada anggapan bahwa orang kaya mungkin memiliki akses ke lebih banyak sumber daya dan peluang investasi, tetapi prinsip-prinsip dasar perencanaan keuangan seharusnya berlaku untuk semua orang.

Apakah kamu seorang yang berpenghasilan besar (kaya), atau kecil, tetap saja semakin awal kamu memulai untuk berhemat, semakin banyak waktu yang kamu miliki. Hal ini, tentu bagian dari perencanaan keuangan yang tepat.

Selalu konsisten dalam menabung dan investasikan dana kamu untuk mengembangkan kekayaan.

Nggak Perlu Khawatir tentang Pensiun, karena Masih Muda

Semakin muda kamu memulai perencanaan pensiun, semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk menabung dan mencapai target pensiun kamu. Rasanya nggak tepat, kalau kamu meremehkan masa pensiun, karena umurmu yang tergolong masih muda.

Sejatinya, perencanaan keuangan adalah proses yang berkelanjutan, dan kamu tetap perlu meninjau dan menyesuaikannya secara berkala sesuai dengan perubahan dalam hidup kamu.

Dengan pemahaman yang tepat dan penerapan strategi yang efektif, kamu dapat mencapai masa tua yang aman, terlepas dari tingkat pendapatan kamu.

Perencanaan Keuangan Hanya tentang Menabung dan Investasi

Padahal, perencanaan keuangan itu mencakup berbagai aspek, seperti budgeting, pengelolaan utang, asuransi, hingga perencanaan pajak. Artinya dalam hal ini, perencanaan keuangan adalah konsep yang lebih luas yang mencakup berbagai aspek pengelolaan keuangan pribadi. Bukan persoalan menabung dan investasi saja.

Meskipun, menabung dan investasi merupakan komponen penting dalam perencanaan keuangan, masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan, seperti:

  1. Memahami Situasi Keuangan
  2. Catat semua pengeluaran kamu, sekecil apa pun, untuk memahami ke mana perginya uang kamu. Lalu, hitung total aset (seperti tabungan, investasi, dan properti) dan kurangi dengan total liabilitas (seperti utang) untuk mengetahui kekayaan bersih kamu.

  3. Menetapkan Tujuan Keuangan
  4. Misal, letakan tujuan yang ingin kamu capai dalam waktu 1-3 tahun, seperti membeli gadget baru atau liburan.

  5. Membuat Anggaran
  6. Alokasikan pendapatan kamu untuk kebutuhan pokok, tabungan, investasi, utang, dan pengeluaran lainnya. Kemudian, tinjau anggaran kamu secara berkala dan sesuaikan dengan perubahan dalam hidup kamu.

Perlu diingat, perencanaan keuangan adalah proses yang berkelanjutan, dan kamu perlu meninjau dan menyesuaikannya secara berkala sesuai dengan perubahan dalam hidup kamu. Dengan memahami berbagai aspek perencanaan keuangan dan menerapkan strategi yang tepat, kamu akhirnya dapat mencapai stabilitas keuangan dan mewujudkan tujuan hidup kamu.

Dalam mengelola dan merencanakan uang, coba gunakan kemudahan transaksi fitur Pinjaman Online Cepat Cair dengan pinjaman bunga rendah dari JULO Kredit Digital. Mulai dari tarik dana sampai isi ulang dompet digital - semudah klik di layar smartphone! Pakai sekarang, bayar nanti - yuk download JULO Kredit Digital!

Mengenal Aplikasi JULO dan Keunggulannya

JULO adalah perusahaan finansial teknologi inovatif yang hadir untuk memberikan solusi pinjaman online untuk memenuhi biaya pendidikan anak kepada masyarakat Indonesia.

Perusahaan finansial ini berbasis aplikasi di smartphone. JULO selalu menawarkan akses kredit yang mudah dan terjangkau, untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan finansial.

Apalagi JULO juga sudah terdaftar di OJK, yang berarti keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. OJK akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan yang diselenggarakan JULO dan akan segera menindaklanjuti apabila ada kejanggalan.

JULO sudah memiliki izin di OJK di bawah PT Julo Teknologi Finansial ini telah terdaftar dan berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018.

Izin tersebut diterbitkan pada 31 Juli 2018 untuk nama perusahaan yang sama dengan jenis usaha konvensional.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Tanyakan pertanyaan apapun Bazaman AI akan menjawabnya dengan bantuan Gemini dari Google. Temukan jawaban dari pertanyaanmu disini